Teknik Meditasi Untuk Pemula

Teknik Meditasi Untuk Pemula

Kata meditasi, nampaknya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat modern. Meditasi sendiri sering diartikan sebagai sebuah proses menenangkan jiwa agar hormon ketenangan bisa didapatkan. Selain itu, meditasi juga dikenal sebagai usaha menghindari terjadinya stress. Bagi yang belum terbiasa bermeditasi, maka Anda perlu tahu teknik meditasi untuk pemula yang bisa dicoba.

Ada banyak teknik meditasi yang sebenarnya bisa dengan mudah dipraktekkan. Namun agar tidak mendapatkan efek yang salah, Anda perlu tahu dasar dari setiap teknik meditasi tersebut. Salah satu jenis meditasi yang sering dipakai masyarakat modern adalah yoga. Teknik dalam yoga juga dipercaya akan membantu mengeluarkan hormon positif yang menenangkan jiwa dan raga.

BACA JUGA: Cara Membuka Aura Positif dengan Meditasi Aura

Bagaimana Teknik Meditasi untuk Pemula?

Peran meditasi dalam kehidupan saat ini, ternyata cukup penting. Apalagi saat ini banyak kasus orang yang merasa tertekan dengan kehidupannya. Baik itu dalam lingkup kerjanya, kondisi keluarga, kondisi ekonomi, dan lain sebagainya. Karenanya, di bawah ini ada beberapa teknik meditasi untuk pemula yang bisa mulai Anda coba di rumah. Beberapa diantaranya adalah :

1.     Memilih Posisi yang Nyaman

Setiap orang tentu memiliki posisi nyamannya masing-masing. Namun, untuk bermeditasi, sebaiknya Anda menggunakan teknik duduk di atas bantal. Hal ini akan menjaga keseimbangan tubuh Anda juga. Selain itu, perhatikan komponen area sekitar yang juga akan menjaga kenyamanan Anda.

Pilihlah tempat yang sejuk dan tidak bising suara. Bila perlu, berikan aroma pengharum ruangan yang Anda sukai untuk menambah kenyamanan.

2.     Mengenakan Baju yang Nyaman

Saat meditasi, usahakan jangan memakai baju yang terlalu ketat juga jangan terlalu longgar. Hal ini bisa membuat Anda lantas tidak fokus dan terganggu. Pakaian terlalu tebal atau terlalu tipis juga tidak baik untuk menjaga kenyamanan konsentrasi Anda. Kenakan baju sewajarnya yang memang Anda anggap nyaman dipakai.

3.     Pakai Alarm

Pengatur waktu untuk meditasi ini juga cukup penting. Pasalnya, hasil meditasi juga dipengaruhi oleh seberapa lama kegiatan yang Anda lakukan. Bagi Anda yang masih tahap pemula, Anda bisa mencoba menggunakan ukuran waktu 5 menit. Hari-hari berikutnya Anda bisa menambah durasi sesuai tingkat kenyamanan dan kemampuan.

4.     Membuat Tubuh jadi Rileks

Tahapan ini sangat penting dilakukan. Mula-mula Anda bisa mengatur pernafasan, dengan menarik nafas lewat hidung kemudian dihembuskan lewat mulut secara pelan-pelan. Pastikan saat melakukan teknis pernafasan ini, Anda juga menutup kedua mata. Agar pernafasan bisa lebih lancar, Anda bisa memposisikan dagu berdekatan dengan dada.

5.     Membuang Pikiran Negatif dan Fokus

Selama melakukan meditasi, usahakan membuang dan melupakan semua pikiran negatif Anda. Ganti dengan mulai berfikir positif. Tenangkan pikiran dengan memikirkan fokus dalam menjalankan meditasi sesuai tujuan awal Anda.

5 langkah awal mudah di atas, merupakan teknik dasar meditasi yang siap Anda praktekkan perlahan di rumah. Dengan jiwa dan pikiran yang terkontrol tenang, maka Anda juga akan terhindar dari yang namanya stress dan tertekan.